Ketika Swasta Mendukung City Branding

Bertepatan dengan hari jadi nya yang ke 232, Pemerintah Kota Pekanbaru meluncurkan aplikasi perpustakaan digital i-Pekan, sebagai langkah mewujudkan Smart Society berbasis teknologi informasi.

 

Sebagai penanda peluncurannya, aplikasi perpustakaan digital yang dibangun oleh Aksaramaya tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru yang dibarengi donasi 4.000 judul buku dalam bentuk digital dari Indosat Ooredoo. Dengan donasi tersebut, perpustakaan digital yang pertama ada di Pulau Sumatera itu memiliki koleksi buku elektronik terlengkap dan langsung dapat dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru dengan cara mengakses aplikasi i-Pekan secara gratis.

0616moU indosat pekanbaru

Indosat Ooreedo mendapat kepercayaan dari Pemkot Pekanbaru untuk melakukan ujicoba platform Smart City dengan solusi city dashboar lengkap dan aplikasi perpustakaan digital, sebagai komitmen dalam mendukung transformasi kota menjadi Smart City. Kepercayaan itu diwujudkan dalam melalui penandatanganan MoU oleh Alexander Rusli, President & CEO Indosat Ooredoo dan Walikota Pekanbaru, H. Firdaus, akhir bulan Juni ini. Denngan penandatanganan MoU tersebut, Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota Pekanbaru akan bersama-sama memulai transformasi Kota Pekanbaru menjadi kota cerdas.

 

Pencanangan dimulainya uji coba platform Smart City, yakni system Single Window City Dashboard yang ditangani oleh Indosat Ooredoo berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi bagi Pemerintah Kota guna memantau situasi dan laporan masyarakat secara digital dalam satu layar.

Dengan platform Single Window City Dashboard, pemerintah kota dapat memantau seluruh fungsi aplikasi smart city dalam satu layar yaitu :

– fitur GIS untuk menampilkan data demography ke dalam peta

– integrasi dengan aplikasi pemkot yang sudah ada menjadi satu dashboard misalnya e-gov, e-tax dengan API

– integrasi dengan solusi cluster seperti smart light, smart cctv, smart bin dan smart traffic dengan IOT Controller

– fitur dispatch yang mampu mendelegasikan tugas ke pejabat pemerintah kota secara otomatis.

0616indosatpekanbaru

“Ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru ingin lebih baik dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya melalui solusi ICT. Harapan kami dengan penerapan konsep smart city di Pekanbaru ini, pemerintah kota akan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih transparan dalam memberikan layanan masyarakat yang jauh lebih baik”, ungkap H. Firdaus.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s