Botol-botol yang Berkisah

 

Ini Imlek pertama di mana SK-II mengeluarkan produk edisi terbatas bertemakan tahun baru China : Facial Treatment Essence Limited Edition (FTE) New Phoenix. imlekDesain kebangkitan phoenix yang cantik, demikian story telling yang mereka komunikasikan, melambangkan keberuntungan yang harmonis dalam kebudayaan tradisional Cina. Gabungan seni tradisional Cina dengan disain phoenik merupakan simbul pemberdayaan perempuan, untuk mengekspresikan kebajikan, keanggunan dan kebangkitan.

Pemilik brand SK-II berharap desain edisi terbatas tersebut bisa menginspirasi perempuan dan orang yang mereka cintai untuk membawa musim semi baru dengan penuh harapan dan keyakinan, melalui kebangkitan Phoenix di tahun baru yang akan datang. Mereka ingin mendorong perempuan untuk lebih percaya pada diri sendiri, mengendalikan nasib sendiri serta memulai perjalanan baru pada tahun baru yang indah. Tentu saja bersama SK-II. “Produk ini benar-benar melambangkan #changedestiny untuk menyambut tahun baru,” kata Shuqi Fu, Brand Communication Manager SK-II Indonesia, Singapore & Malaysia saat ditemui di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Sejak tiga tahun terakhir, SK-II konsisten melakukan story telling untuk botol-botol FTE yang ikonik. FTE, sebagaimana dijelaskan Junita Kartikasari semasih menjadi PR Manager P&G Home Products Indonesia merupakan ikon produk SK-II yang paling diminati konsumen. “Saat ini SK-II sudah menjadi leader merek skin care segmen prestise berdasarkan data di counter,”ungkapnya tanpa menyebut angka. Perihal pencapaian itu, tidak pernah ada kejelasan angka dari tim P&G Indonesia, namun di berbagai situs jual beli online, FTE selalu menjadi produk yang ditawarkan terdepan. Para blogger beauty juga berlomba-lomba memberikan review positif di blognya masing-masing.

Story telling tentang botol FTE sebenarnya sudah dirangkai sejak divisi external relationship masih dipegang Bambang Sumaryanto. Menyambut Natal dan Tahun Baru 2013, SK-II berkolaborasi dengan Swarovski meluncurkan kemasan edisi terbatas dalam warna merah elegan dengan elemen desain Xillion cut, cutting chrystalle yang khas milik Swarovski. “Hanya ada 7.000 botol FTE limited edition yang tersedia di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Procter and Gamble Bambang Sumaryanto pada bulan sepuluh itu.

Selain merilis botol edisi terbatas, pada waktu yang sama SK-II meluncurkan program ‘Share Happiness’, bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Program itu bertujuan untuk memberi dukungan dan semangat bagi para penderita kanker, baik secara moril maupun materiil. Pada 29 Oktober, P&G melakukan lelang enam special gift set yang berisi rangkaian produk SK-II dalam kemasan limited edition di mana di dalamnya juga diselipkan kristal asli dari Swarovski. Hasil lelang tersebut, sepenuhnya didonasikan ke YKI.

Pada festive season natal di tahun yang sama, edisi terbatas tersebut semakin dipulas dengan cerita sosial. Selama seminggu awal Desember itu, P&G menggelar puncak “SK-II Clear for Life” program yang telah berjalan sejak September 2012. Program sosial dari SK-II tersebut dilakukan dengan pengumpulan botol Facial Treatment Essence (FTE) ukuran apapun oleh konsumen melalui counter-counter SK-II di seluruh Indonesia. Setiap botol yang mereka serahkan dihargai sebagai sumbangan 50 liter air bersih untuk keluarga Indonesia yang mengalami krisis air bersih. Selama 3 bulan berjalan, program berhasil mendonasikan 200 ribu liter air bersih. Yang unik, botol-botol itu kemudian disusun menjadi pohon natal cantik setinggi 10 meter di Mall Taman Anggrek selama sebulan.

Pasca keluarnya Bambang dari P&G, story telling tentang botol-botol FTE terlihat semakin diarahkan penerjemahannya melalui desain busana dan fashion show. Dimulai Oktober 2014, SK-II Global melakukan kolaborasi dengan Po-Chih Huang, seniman asal Taiwan untuk menciptakan empat desain ekslusif yang menggambarkan kecantikan serta representasi “give the gift overlasting beauty”. Po mengguratkan ilustrasi flora yang menampilkan aspek keindahan bunga tulip merah (yang melambangkan semangat hidup), freesia kuning (representasi keanggunan), hortensia ungu (menyiratkan kasih sayang dan kelembutan), serta cypress hijau –untuk segmen pria– yang merefleksikan kebijaksanaan. Konsumen bebas memilih varian mana yang dianggap paling sesuai dengan kepribadiannya masing-masing. Guratan artistik kolaborasi ternama perdana tersebut, jelas Febrina, merefleksikan filosofi SK-II dalam membantu wanita mewujudkan transformasi kecantikan melalui manfaat Pitera. SK-II botol Okt

Untuk lebih mengentalkan uniqueness serial tersebut, P&G Indonesia memberikan sentuhan emosional melalui fashion show yang dibesut bersamaan dengan pekan Bazaar Fashion Festival di Balai Sidang Senayan pada tanggal 23 Oktober. Empat desainer lokal –Mel Ahyar, Billy Tjong, Andreas Odang dan Hian Tjen – terpilih untuk mewujudkan inspirasi karya Po.

Dalam pernyataanya, Febrina Herlambang, Brand Communication Manager P&G Indonesia, mengatakan kerjasama tersebut diinginkan untuk menunjukkan bagaimana desain khusus festive season dari SK-II dapat menginspirasi siapa saja, termasuk fashion designer, sebagai salah satu bentuk perayaan everlasting beauty. Untuk lebih menggaungkan festival “Gift of Everlasting Beauty”, sekaligus menggenjot penjualan pada akhir tahun, pada 25/11/2014, SK-II membesut pameran fotografi sekaligus event promo yang dipusatkan di Mal Taman Anggrek Jakarta. NicolineNicoline Patricia Malina, beauty photografer ibukota, mendapat kepercayaan untuk menerjemahkan konsep transformasi kecantikan SK-II. Ia harus memadukan karya mata lensanya dengan sentuhan empat desain botol FTE karya Po.

Festive “Gift of Everlasting Beauty”, menurut Febrina, merupakan program cross city dan cross county dengan penerjemahan berbeda di masing-masing negara. SK-II di Malaysia misalnya, mengemasnya sekadar dengan pameran busana dan ilustrasi. Di Indonesia, Febrina dan kawan-kawan mengolaborasikannya bersama event fotografi dan pameran busana yang dirangkai dengan dengan talkshow bersama brand ambassador SK-II, serta aneka games dan special gift untuk top spender.

FTE Limited Edition kami selalu banyak peminatnya. Baik untuk user, hadiah, bahkan untuk dikoleksi konsumen,” tuturnya, lagi-lagi tanpa menyebut angka. Peruntukan FTE sebagai koleksi, banyak mereka dorong melalui testimoni brand ambassadornya, Susan Bachtiar dan Dominique Diyose.

Sementara sebagai gift, SK-II memandu konsumennya dengan paket-paket khusus sesuai peruntukannya. SK-II Finest Inspiration Set seharga IDR 7,573,000.00 misalnya, dikomunikasikan cocok sebagai hadiah untuk memanjakan ibunda (Gift for Mom). Rangkaian ini terdiri dari SK-II LXP Ultimate Perfecting Cream 50g, SK-II LXP Ultimate Perfecting Serum 50ml dan SK-II LXP Ultimate Perfecting Essence Special Edition 215ml

Untuk menghadiahi diri sendiri yang sudah bekerjakeras sepanjang tahun, SK-II menganjurkan paket SK-II Revival Deluxe Set seharga IDR 3,471,000.00 yang terdiri dari SK-II Stempower Eye Cream 15g, SK-II Stempower 80g, SK-II Skin Signature 3D Redefining Mask 1pc dan SK-II FTE Red Flower Limited Edition 215ml. Sementara untuk teman-teman atau orang-orang tersayang, SK-II merekomendasikan Gift for Friends dalam paket SK-II Beauty Duet Set seharga IDR 1,713,000.00 dan SK-II Pitera Essence Skincare Set yang merupakan best seller pada level harga IDR 733,000.00.

Selain itu, mereka juga masih punya paket SK-II Colours Collection Set (Gift for Party Lovers) seharga IDR 537,000.00, serta hadiah untuk teman yang gemar traveling, bahkan hadiah untuk pacar (Gift for Girlfriend dan Gift for Boyfriend) dengan kisaran harga di atas IDR 2 juta. “Yang jelas, sebagai program promo akhir tahun tentu kami memberikan harga yang lebih menguntungkan. Terutama karena selalu ada free sample,” ujar Febrina lagi.

Setahun berikutnya, SK-II kembali menggelar “perayaan” limited edition FTE bertema “Wings of Change”. Untuk membuat cerita tentang serial ini, mereka menggandeng tiga perancang lokal yaitu Ardistia, Auguste Soesastro dan Jeffry Tan. Ketiga desainer ini diberi tugas untuk menampilkan koleksi yang merepresentasikan tiga karakter botol FTE terbaru yaitu: Boldness, Encouragement, dan Perseverence. Botol dari miracle water yang ikonis tersebut dihiasi kecantikan desain kupu-kupu dan hummingbird yang disebutkan untuk merayakan kekuatan transformasi pribadi wanita. Pagelaran koleksi tersebut dihelat dalam “A Day a Fashion” berkolaborasi dengan Harper’s Bazaar Indonesia.

3gayahummingbird

Ardistia, dengan labelnya Ardistia New York sangat terinspirasi dengan perempuan bersemangat perseverence yang disimbolkan dengan blue hummingbird.Saya beruntung pernah merasakan bekerja di New York dan menemukan banyak perempuan yang bekerja sangat gigih serta tekun. Above and beyond tanpa diminta,” demikian presentasinya.

Seperti hummingbird yang menyimbolkan kebebasan, koleksi kali ini terinspirasi dari wanita gigih yang bebas mengeksplorasi dirinya seperti apa yang dia inginkan. Dengan desain yang memiliki banyak struktur, tapi juga ada inovasi detailing yang penuh kejutan,” detil Ardistia tentang profil koleksinya.

hummingbirdTidak jauh berbeda dengan Ardistia, Auguste Soesastro juga mengagumi karakter perempuan yang kuat dan berani. “Perempuan yang sangat menginspirasi desain saya adalah sosok perempuan yang bold, seorang game changer, berintelektual tinggi. Karena menurut saya intelektualitas itu adalah hal yang paling seduktif, ” ujarnya. Kupu-kupu merah menurut penerjemahannya, merupakan simbol boldness sebagai penggambaran transformasi kecantikan. “Dan saya sangat mengagumi transformasi kecantikan pada seorang perempuan. Ada proses yang menjadikan mereka sebagai sosok yang kuat. Hal itu saya perlihatkan dalam garis yang kuat dan tegas pada koleksi desain kali ini,” paparnya.

Lalu bagaimana menerjemahkan karakter “encouragement” dari konsumen FTE SK-II dalam sebuah koleksi fashion dan botol kemasan? “Perempuan yang selalu mengembangkan kualitas dirinya menjadi sosok yang positif adalah perempuan yang cantik bagi saya. Proses metamorphosis kecantikan merekalah yang menjadi inspirasi desain saya. Seperti kupu-kupu berwarna pink yang disimbolkan mewakilkan karakter encouragement dalam wings of change,” ucap Jeffry Tan puitis.

 

Irvan Permana, brand consultant at Pathfinders :

Rangkaian program yang dilakukan oleh SK-II bisa dikatakan merupakan program yang uniquely SK-II. Mengapa? Karena sejalan dengan brand SK-II itu sendiri, yaitu menginsipirasi perubahan. Pendekatan emosional dipilih untuk lebih menggambarkan makna perubahan itu sendiri, terutama bagi para wanita. Perubahan baik secara fisik maupun secara mentalitas untuk menjadi lebih baik dari kemarin. Perubahan bagi diri sendiri, bagi sesama dan bagi lingkungan yang lebih luas.

Perubahan ini menjadi inti dari brand SK-II dan diturunkan ke berbagai ide untuk menunjukan perubahan menjadi yang lebih baik. Perubahan melalui kemasan edisi khusus, membuat perubahan bagi orang lain melalui paket kecantikan yang khusus dibuat untuk menyasar target market tertentu (gift for mom, gift for her/him, party lovers, travellers, dan lainnya), membuat perubahan yang berarti melalui program berbasis sosial, fashion show yang menginspirasi perubahan, perubahan bagi diri sendiri untuk menjadi lebih baik, dan masih banyak program-program lainnya.

2RGc7s_change destiny

Dengan pendekatan ini, SK-II memberikan pengalaman untuk melakukan perubahan yang menginspirasi bagi setiap individu. Pendekatan personal yang menyentuh sisi emosional konsumen-nya dengan relevansi yang tinggi dengan produk benefit yang ditawarkan. Brand dan produk berkolaborasi dengan baik untuk menciptakan image yang relevan dan mudah dimengerti dan diyakini oleh konsumennya. Brand story yang sengaja dibuat untuk memudahkan pengertian konsumen terhadap brand SK-II.

Semua yang ditawarkan memberikan pengalaman yang mengena kepada pribadi setiap konsumennya. Mulai dari warna apa yang cocok dengan setiap individu, consumer journey yang diciptakan dalam setiap event, kemasan edisi khusus yang dipasarkan secara terbatas, user experience yang dirancang dengan program pemberian sampel gratis, sampai dengan retail experience yang ditawarkan dalam gerai penjualan SK-II. Semuanya dibuat sedemikian rupa agar konsumen bisa langsung berinteraksi untuk mengalami pengalaman pribadi yang berbeda dengan brand ini.

Kesinambungan antara premium brand, emotional values, dan keunggulan produk berhasil membuat brand ini menciptakan cerita tersendiri bagi konsumennya. Cerita yang menginspirasi perubahan bagi setiap individu, bukan hanya cerita untuk mempercantik diri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s