Brand Andy F Noya dan Kick Andy yang Saling Me-leverage

Serial : “The Boss as Brand Ambassador”

logo kick andy

 Bisakah Anda membayangkan Kick Andy tanpa Andy F.  Noya? Mungkin tidak terbayangkan karena tanpa Andy Noya, Kick Andy akan menjadi produk yang berbeda. Bukan hanya melekat kuat, figur Andy dan brand Kick Andy telah menjadi produk co-branding yang menyatu, saling menghidupkan sejak kelahirannya. Artinya, ketika orang membicarakan Kick Andy, mereka juga selalu mengaitkan produk talk show tersebut dengan nama Andy F. Noya.

 

Melalui Kick Andy, brand personal Andy F Noya telah berkembang kuat sebagai figur yang dipersepsikan “pintar, lucu yang cerdas, egaliter dan berhati”. Insight ini didapatkan oleh Etnomark Consulting ketika mereka melakukan brand audit terhadap program talkshow milik Metro TV itu. Seorang pengunjung blog Amalia Maulana memberi garis bawah pada persepsi bahwa brand personal Andy Noya adalah sosok yang mampu bergaul dengan orang-orang dari berbagai kelas sosial (memanusiakan manusia). Menurutnya, sinkronisasi antara context dan content inilah yang membuat brand Andy dan Kick Andy ‘nyambung’ sehingga bisa sustain sebagai tayangan populer pada umurnya yang sudah delapan tahun.

 

Bukan sekadar populer, kongruensi (posisi sama dan sebangun) antara figur Andy Noya dengan produk Kick Andy berhasil membangun nilai komersial. Selain bisa dibuktikan melalui deretan iklan tayang selama jeda acara, hal ini juga bisa dilihat dari antusiasme produk sponsor pada acara on air maupun dalam produk leverage off print mereka.

 

kickandykompilasikick-andy1

 

Bahwa Kick Andy mengacu pada acara Oprah Winfrey Show, tak ada yang bisa membantah. Seperti halnya tayangan populer yang sudah berumur seperempat abad tersebut, Kick Andy juga berhasil menghimpun persepsi sebagai talkshow  inspiratif yang mendorong pemirsanya untuk menyelesaikan masalah, tidak hanya mengeluh atau malah menjadi bagian dari masalah. Di tengah maraknya tayangan talkshow (yang dimaksudkan) untuk mengasah akal, Kick Andy mengambil ceruk dari sisi content yang mengasah hati tanpa konfrontasi.

 

Kick Andy lebih menghadirkan suatu peristiwa dari sudut pandang yang hanya dapat dipahami dan dinikmati jika dilihat dengan mata hati,” ujar Andy Noya.

 

Brand personality Andy yang “berhati” terasa semakin kental ketika Kick Andy dikembangkan pada berbagai kegiatan off print melalui Kick Andy Foundation. Sesuai namanya, lembaga tersebut diposisikan untuk menciptakan banyak program dengan misi sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan. Sebut saja program “Gerakan 1.000 Kaki Palsu” yang merupakan pemberian kaki palsu gratis kepada siapa saja yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Program ini terlaksana sejak 2008, dan sudah menebarkan lebih dari 1.600 kaki palsu. Ada juga program “Books for the Blind”, yang merupakan pemberian buku Braille dan Audio Books kepada mereka yang mengalami kebutaan. Sedangkan program “Gerakan Sepatu Untuk Anak Indonesia”, bertujuan membangkitkan semangat anak-anak Indonesia sehingga dapat kembali melangkah penuh semangat dan percaya diri mengejar cita-citanya demi masa depan cerah.

 

Kick Andy memang mencontek show ‘Oprah’ dengan memproduksi program yang bermuatan misi sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan. video-kick-andyNamun ketika memandu acara, Andy Noya memiliki brand personality tersendiri yang sama sekali berbeda dengan Oprah. Personality Andy F Noya yang rendah hati dan sederhana, berwawasan dan kemampuannya menggiring pertanyaan tanpa membuat sang narasumber tersinggung dengan pertanyaan ‘nakal’-nya merupakan kekuatan seorang Andy sebagai pribadi. Celetukan-celetukan nakal ini menjadi faktor entertain yang ditunggu-tunggu pemirsa.  Identitas ini juga diperkuat oleh penampilan  konsisten Andy Noya dengan kacamata,  kepala botak (setelah ia memutuskan membabat habis rambut kribo), dan kemeja dengan lengan digulung.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s