TAM & Direct Communication Johnny Darmawan

Serial : “The Boss as Brand Ambassador”

 

Toyota-Astra Motor (TAM) adalah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang menyadari pentingnya kehadiran seorang tokoh sentral di perusahaan untuk mengusung komunikasi merek-mereknya maupun isu korporasi. Menurut Rouli Sijabat, Manager Public Relations (PR) PT Toyota Astra Motor, ide memunculkan tokoh tersebut tercetus pada 2003 ketika TAM fokus menjadi marketing company, terpisah dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai production company.

Menurut Rouli, kala itu TAM menyadari bahwa salah satu pengeluaran (expenses) terbesar dalam marketing TAM adalah komunikasi (baca: advertising). “Biaya advertising semakin besar seiring dengan line up produk TAM yang makin banyak,” ujarnya. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan strategi komunikasi lain. Maka diputuskan untuk secara lebih intens menggunakan Public Relations (PR) dan Direct Communication melalui tokoh sentral di perusahaan yang berperan sebagai spoke person. Maka TAM memutuskan CEO mereka, Johnny Darmawan, mengambil peran tersebut.

Johnny Darmawan dianggap dapat mewakili Toyota Indonesia. Jpeg“Beliau (Johnny Darmawan) memegang peranan penting, baik di distribusi maupun di manufacturing Toyota di Indonesia,” lanjut Rouli. Melalui mulut sang CEO, TAM dan TMMIN berharap dapat menginformasikan secara berkelanjutan semua kegiatan Toyota di Indonesia, baik dari sisi produk, aksi korporasi, kegiatan produksi, kegiatan export, dan sebagainya.

Melalui komunikasi langsung Sang CEO, TAM juga ingin membangun persepsi bahwa otomotif bukan semata kegiatan dagang, melainkan industri yang dapat menyokong perekonomian bangsa. Objektif lain dari strategi penunjukan tokoh sebagai Spoke Person ini adalah untuk menyampaikan pesan bahwa local people memiliki pengaruh yang kuat dalam pengelolaan Toyota di Indonesia. Pesan ini penting disampaikan untuk membangkitkan rasa memiliki Bangsa Indonesia.

Sejumlah program dan kegiatan pun digulirkan oleh tim PR TAM, antara lain, secara berkelanjutan merancang dan mengeksekusi pertemuan rutin Johnny Darmawan dengan awak media—baik secara institusi maupun personal, menampilkan Johnny Darmawan sebagai tokoh Toyota di Indonesia dalam setiap event eksternal maupun internal, dan menyiapkan key messages serta channel strategy untuk mengirimkan berbagai pesan secara kontinyu ke media.

Untuk menguatkan reputasi TAM bersama personal branding Johnny Darmawan, TAM mengintegrasikan strategy PR ini dengan saluran komunikasi lain. “Kami menciptakan Integrated Marketing Communication lewat PR, advertising, promotion, events, hingga CSR untuk membangun reputasi positif TAM maupun Johnny Darmawan,” tambahnya.

Strategi itu dinilai berhasil oleh TAM. Kini, menurut Rouli, nama Johnny Darmawan identik dengan TAM, bahkan dengan industri otomotif. Rouli menilai objektif komunikasi Toyota Indonesia melalui strategi  Direct Communication CEO TAM Johnny Darmawan ini juga tercapai karena Toyota Indonesia konsisten mengusung pesan bahwa industri otomotif adalah salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Kedua karena Toyota mendapatkan kepercayaan prinsipal untuk investasi jangka panjang. Dan ketiga karena Toyota Indonesia berpartisipasi aktif dan berkesinambungan dalam kegiatan CSR.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam strategi Direct Communication via personal branding Johnny Darmawan adalah personality dari sang CEO. johnny Darmawan IntisariSebagai “wajah” korporat, Johnny tampil humble, mudah bergaul dengan berbagai kalangan, terjangkau (accessible) oleh media—kapanpun dan di mana pun diperlukan. Dan menurut Rouli, personality ini merupakan fondasi untuk membangun brand sang tokoh dan untuk membentuk persepsi positif publik.

Ketokohan dan keberhasilan personal branding alumnus Universitas Trisakti jurusan Akunting itu mengantarkan Johnny pada penghargaan “Antara Achievement Award 2013”, karena ia dianggap sebagai tokoh penting yang menjadikan Indonesia sebagai basis produksi otomotif. Sebelumnya, pada 2011 pria kelahiran 1 Agustus 1952 ini terpilih sebagai “Best of The Best CEO” dan meraih penghargaan “Marketing Champion” pada bidang Automotive, Logistic, dan Transportation.

(naskah : Dwi Wulandari / Lis Hendriani, foto-foto : internet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s