Jurus (Promo) “Mabuk” Pendekar Bodoh

D’Cost, jaringan resto yang berdiri sejak tahun 2005, telah meluncurkan berbagai  inovasi marketing yang mengundang senyum. Coba kita runut satu per satu ; “Diskon Umur”, “Diskon Gerombolan”, promo “Up to You Price” ,  “Hamil baru Bayar”, lalu “Promo Uang dan Do’a”.

diskon_umur“Diskon Umur” merupakan program perdana yang digelar setiap hari Selasa. Promo tersebut memanfaatkan KTP sebagai kartu diskon. Hanya dengan menunjukkan KTP, pengunjung akan memperoleh diskon sesuai umur yang tertera. Maka tidak heran jika saat periode promo tersebut berlangsung, banyak lansia berseliweran di dalam gerai memanfaatkan umur mereka yang tiba-tiba memiliki value tinggi. Gerai d’Sunter bahkan pernah melayani customer yang membawa nenek-nenek berusia 103 tahun.

“Diskon Gerombolan” diberikan sesuai jumlah orang dalam gerombolan yang datang.  Sementara “Up to Your Price” memberikan kesempatan kepada customer untuk makan sepuasnya dan membayar sesuka hati. *🙂 #2. Promo ini berlangsung setiap Rabu, bersamaan dengan pembukaan gerai baru.

Yang tak kalah heboh adalah “Hamil baru Bayar”, program resepsi Form Promo uang dan Doapernikahan. dcost-hamil-bayarResto akan membiayai  sepenuhnya resepsi yang berlangsung di gerai d’Cost, mulai dari biaya lokasi, pelaminan, hingga makan sepuasnya untuk 300 orang tamu undangan. Pelanggan baru akan membayar biaya kepada d’Cost setelah pengantin wanitanya hamil. Jika mempelai wanita tidak kunjung hamil, mereka tidak perlu membayar. “Sampai sekarang, belum ada tamu peserta program yang datang kembali untuk membayar. Kami sih berprasangka baik saja, prinsipnya give and receive saja,” tutur Hari Setiadi, VP Director d’Cost dengan senyum dikulum. *🙂 #3. Tercatat peserta tertua program ini berumur 44 tahun.

Satu lagi program ‘mengharukan’ adalah promo “Uang dan Doa” yang memanfatkan momentum hari raya. Hanya dengan membayar separuh uang dan separuh doa –yang ditulis di atas kertas—pelanggan akan mendapatkan potongan harga sebesar 50%. *🙂 #4. Promo ini pernah dijalankan di bulan Oktober 2012 di d’Cost Puri bersamaan dengan peringatan Idul Adha.

Dan terakhir tanggal 14 Februari 2014 kemarin,  sang “Pendekar Bodoh”  kembali berinovasi dengan meluncurkan “D’Cost Member”, sebuah program loyalty yang ditujukan bagi para pelanggan D’Cost Seafood Resto dan D’Cost VIP.  Di mana uniknya? “Program ini biasanya dipakai oleh perbankan. Belum pernah ada resto yang menerapkan,” jelas Hari. Dalam program ini, member mendapat kesempatan untuk membayar hidangan yang  mereka makan dengan SMS (“Pay by SMS”) dan sekaligus mendapatkan Diskon Gerombolan.  “Program ini untuk memberi kemudahan bagi tamu D’Cost dan memang dibuat berbeda dengan program sejenis,” tambahnya. DVIP28

Memudahkan  (customer) dan berbeda, adalah dua syarat yang diberikan owner PT. Pendekar Bodoh  (pengelola jaringan resto D’Cost Seafood) kepada tim marketing dalam setiap peluncurkan program-programnya. Program yang berbeda (unik) otomatis akan menarik perhatian dan menciptakan “Wow Effect” dan tentu saja memiliki newsvalue yang tinggi. Maka mau tak mau, tim marketing terus-menerus melakukan inovasi marketing dengan target peluncuran program dan ide baru setidaknya setiap tiga bulan. 

Istimewanya, semua program itu berbiaya sangat tipis. dcost-doa-29-03-2013Kok bisa? Soalnya mereka punya prinsip memanfaatkan medium sesedikit mungkin. Flyer promo cukup disisipkan di dalam koran lokal, kemudian disebarkan di kawasan pemukiman. Kalaupun beriklan di koran, frekuensinya sangat sedikit dengan pesan komunikasi dalam space yang tidak pernah melampaui ¼ halaman.

Setengahnya, d’Cost memang seperti ‘memakruhkan’  komunikasi above the line. Boro-boro untuk TVC, “Haram” hukumnya! *🙂 #5. Ketimbang menebar garam di lautan –yang belum tentu berefek kepada awareness d’Cost, mereka memutuskan mengembalikan seluruh bujet komunikasi kepada pelanggan.   

Tentang profile PT Pendekar Bodoh bisa dilihat pada link milik expert marketing berikut ini :  http://www.yuswohady.com/2013/02/16/pendekar-bodoh/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s