Marketing vs PR vs Advertising

(dari kultweet mas Edhy Aruman – Redaktur Eksekutif Majalah MIX Marketing Communictions, lecture LSPR)

marketing-pr-advertising-branding.png
• Pertanyaan yang sering muncul dalam diskusi ttg public relations adalah apa yg beda PR, marketing, periklanan (1) #PRmove

• Jika Anda tak memahami perbedaan tersebut, Anda bisa terkendala dlm penggunaan alat komunikasi terbaik untuk hasil yang maksimal (2) #PRmove

• Secara praktikal, ada aturan dasar yang digunakan dalam melihat tiga fungsi tadi (3) #PRmove.

• Pertama, jika hasil akhir yang ingin dicapai mencocokkan barang atau jasa pada kebutuhan pelanggan (sebagai fungsi pemasaran) (4) #PRmove

• jika hasil akhir berupa kecocokan produk tersebut yang dingginkan, maka periklanan dan public relations menjadi alat pemasaran (5) #PRmove

• Jika tujuannya adalah citra organisasi (fungsi PR) secara keseluruhan, pemasaran dan periklanan menjadi alat public relations (6) #PRmove.

• Ilustrasinya, iklan adalah ketika Anda pergi ke seseorang dan dengan percaya diri Anda berbicara ttg bagaimana fantastisnya Anda (7) #PRmove

• Dg iklan, Anda bisa mengatakan Andalah yg terbesar dg berbagai asesories komunikasi untuk membuat setiap mimpi menjadi kenyataan (8) #PRmove

• Pemasaran? Misalnya Anda bertemu dengan seseorang dan Anda yang memulai percakapan (9) #PRmove

• Dalam percakapan itu, Anda mengatakan teman Anda tadi butuh teman lain dan Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu (10) #PRmove

• Public relations adalah ketika seseorang mendatangi Anda dan menyatakan kekagumannya kepada Anda (11) #PRmove

• Orang yang datang tadi berkata, “Saya telah mendengar bagaimana hebatnya Anda, dan saya benar-benar ingin mengenal Anda.” (12) #PRmove

• PR dan pemasaran seyogyanya diimplementasikan sebagai dua fungsi komunikasi terpisah karena secara teoritis dan praktek berbeda (13) #PRmove

• PR dan pemasaran memiliki tujuan berbeda. Tujuan dari PR adalah untuk membangun hubungan organisasi dengan publik strategisnya (14) #PRmove

• Sedangkan tujuan pemasaran adalah untuk menjual produk kepada khalayak sasaran yang terdiri dari pelanggan potensial (15) #PRmove

• Public relations dan pemasaran mendefinisikan dan mensegmentasikan publik mereka juga berbeda (16) #PRmove

• Umumnya, PR terkait dg komunikasi yang dirancang untuk membangun dan menjaga citra organisasi serta hubungan dengan publiknya (17) #PRmove

• Belakangan, peran PR berkembang sejalan dg makin kaburnya batas antara PR, periklanan, dan kegiatan komunikasi pemasarannya. (18) #PRmove

• Konvergensi komunikasi dalam merespon perubahan lingkungan bisnis ditandai dengan lunturnya shareholder value (19) #PRmove.

• Menurunnya kepercayaan dan dukungan thd organisasi menyebabkan banyak organisasi menguji kembali proses dan cara komunikasinya (20) #PRmove

• Konvergensi komunikasi yg melibatkan PR ini juga didorong oleh penghematan persahaan dlm menanggapi persaingan dan resesi ekonomi (21) #PRmove

• Banyak perusahaan percaya, integrasi pemasaran dan kegiatan PR dapat memaksimalkan budjet iklan yang turun (22) #PRmove.

• Faktor lain adalah pertumbuhan media sosial yang didorong oleh permintaan konsumen (23) #PRmove

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s