Yang KONSISTEN di Jalur Community Marketing

Tahukah anda, ada ban motor bermerek Persib yang bisa jadi modal ‘eksis’ para bobotoh di wilayah Bandung dan sekitarnya? Ban itu, persisnya, memiliki merek “Corsa-Persib”.

corsa-ban_0a6d785 (cadangan)

Ah, dari namanya anda pasti bisa langsung menduga, produk itu keluaran PT Multistrada Arah Sarana Tbk. Betul, produsen ban lokal tersebut memang memasarkan produk co-creation khusus untuk menyasar pasar komunitas fanatik klub sepak bola Persib. Diluncurkan tahun 2011, hanya dalam jangka waktu beberapa bulan penjualan Corsa-Persib langsung naik empat kali lipat.

“Buat mereka, Persib eta aing. Jadi kalau membeli produk yang ada (identitas) Persib-nya, mereka merasa gue banget….,” Mohamad Zein Saleh, Senior Marketing Manager Multistrada angkat bicara. Bagi pabrikan besar seperti mereka, lanjutnya kemudian, membubuhi tulisan “Persib” di body ban adalah masalah sepele. “Tapi dengan perlakuan sederhana itu, kami sudah memberikan (brand) value berupa kebanggaan bagi para bobotoh.”

Bobotoh Persib merupakan entitas komunitas yang dikenal fanatik terhadap club idolanya. Selain memiliki fanatisme yang kental , organisasi fans club ini sudah terorganisir dengan rapi sehingga memudahkan bagi principal untuk ‘mengolahnya’. bobotoh-persib

Dalam menggarap komunitas tersebut, tim marketing Corsa melakukan pendekatan secara khusus kepada para tokoh senior alias ‘pentolan’ komunitas sebagai evangelist pada tahap awal pemasaran. Saat masuk ke dalam lingkungan para pentolan komunitas, papar Zein, mereka sudah mendahuluinya dengan riset awal.

Consumer insight
tim Corsa memberikan data bahwa hidup para pentolan bobotoh tersebut biasanya memang benar-benar ‘diabdikan’ untuk Persib sehingga kurang memperhatikan kebutuhan hidup keluarganya. Maka untuk mengambil hati para bobotoh fanatik itu, tim Zein memberikan modal guna membeli mesin cuci motor sebagai bekal hidup sehari-hari. Tentu saja setelah diperhitungkan iklim persaingan bisnis sejenis di sekitarnya. Cuci-Pencucian-Motor-Steam “Tidak mahal, tapi dia akan selalu ingat bantuan itu dari Corsa. Pokoknya kita sediakan apa yang dibutuhkan, bukan yang mereka inginkan,” tutur mantan wartawan ini.

Patut dicatat, para pentolan itulah yang membawa dan menularkan loyalitas kepada anak-anak buahnya. Maka, lanjut Zein,” Melalui para pentolan itu, produk kami cepat merangkul hati fans Persib. Begitu mereka sudah membalas rangkulan kami, mereka akan suka rela membela produk kami.” Dengan pola pendekatan yang benar-benar “perkawanan” semacam ini, ban Corsa-Persib mampu meraih pertumbuhan empat kali lipat hanya dalam waktu beberapa bulan.

Karena catatan keberhasilan tersebut, tim Zein selanjutnya tidak ragu-ragu lagi bersinergi dalam mengembangkan ban Achiles berdasarkan insight dari komunitas drifting (komunitas atraksi balap). “Soalnya komunitas-komunitas itulah yang tahu dan tiap hari menggunakan ban kami,” ujarnya lagi. Ban tersebut diklaim memiliki performa komplit, baik di arena drifting maupun untuk berkendara biasa.

Kisah sukses Corsa berkolaborasi dengan bobotoh juga menginspirasi perusahaan untuk menggandeng fans club sepakbola dalam skala yang lebih besar. Tidak tanggung-tanggung, awal 2013 ini mereka menandatangani kontrak dengan Manchester United (MU), klub sepak bola asal Inggris yang memiliki basis pendukung fanatik sampai 54 juta orang.

Beberapa program yang sudah mereka besut antara lain “United Festival”(nonton bareng legenda MU) di mana 90% panitianya berasal dari komunitas MU (Indonesia), dan sisanya dari Multistrada. United-FestivalProgram serupa juga mereka jalankan pada bulan Juli, saat awal musim Liga Premier Inggris. Zein mengaku, tidak lama setelah teken kontrak tersebut, penjualan ban Multistrada langsung naik secara signifikan kendati ia tidak menyebut angka persisnya.

Pada akhirnya, Multistrada semakin mantap menggarap community marketing sebagai strategi andalan, bahkan menjadikan komunitas sebagai extension dari R&D (research & development) perusahaan. CommunityMarketing_sm

Dalam praktiknya, strategi ini selalu mereka kolaborasikan dengan digital marketing. Entah melalui website, social media, SMS blast dan sebagainya. Irfan S Kusuma, Marketing Communications Manager Multistrada mengungkapkan, sampai saat ini secara konsisten mereka menjalin “persahabatan” dengan kurang lebih 50 jenis komunitas mobil maupun motor, tanpa perlu menciptakan komunitas organik sendiri.

Dengan pola bauran marketing yang nyaris menghilangkan batas antara komunikasi lini atas dan lini bawah seperti ini, lanjut Zein, mereka mampu menyusun marketing plan yang efektif, dengan output optimal. Namun bukan berarti strategi itu menafikan jalur above the line. Pada prinsipnya, komunikasi lini atas Multistrada menganut prinsip long live advertising alias berkesinambungan.Sejak diluncurkan tahun 2007, sampai sekarang Corsa mampu tumbuh 10% per tahun, sementara Achiles berhasil mencengkeram 15% market share.

6 thoughts on “Yang KONSISTEN di Jalur Community Marketing

  1. Nice blog here! Also your web site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my website loaded up as fast as yours lol

  2. Does any person know what color this car should really be? The ’70s rose metallic is often a crime. . . . And what changes would be needed in the interior for getting it to original?

  3. Ping-balik: white wall

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s